Rabu, 13 Agustus 2014

Jakarta, Internet memberi banyak kemudahan dalam mencari informasi. Namun untuk yang berhubungan dengan kesehatan, para ilmuwan mengingatkan untuk tidak percaya begitu saja dengan informasi yang tersedia di internet.

Para ilmuwan di Amerika Serikat mengklaim 9 dari 10 artikel kesehatan di Wikipedia mengandung kesalahan saat dibandingkan dengan riset medis yang telah melalui telaah sejawat atau peer review. Kesalahan paling banyak ditemukan pada artikel tentang penyakit jantung, kanker paru, depresi dan diabetes.



Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Osteopathic Association tersebut, 10 ilmuwan dari berbagai penjuru Amerika mengamati artikel di Wikipedia tentang 10 penyakit dengan biaya paling mahal. Termasuk di dalamnya osteoarthritis, sakit punggung dan asma.

Mereka mencetak artikel-artikel tersebut pada 25 April 2012 dan menganalisisnya. Hasilnya, 90 persen artikel memuat pernyataan-pernyataan yang bertolak belakang dengan hasil penelitian ilmiah terbaru.

"Meski Wikipedia cukup nyaman digunakan untuk mencari informasi, dari sudut pandang kesehatan masyarakat pasien tidak boleh menggunakannya sebagai sumber utama karena tidak melalui proses telaah sejawat sebagaimana jurnal medis," kata Dr Robert Hasty dari Wallace School of Osteopathic Medicine yang memimpin penelitian tersebut, seperti dikutip dari BBC, Rabu (28/5/2014).

Wikipedia merupakan situs ensiklopedia online yang bisa diedit oleh siapapun. Sifatnya yang terbuka memicu kekhawatiran di kalangan medis terkait terpercaya atau tidaknya informasi di dalamnya. Terlebih, situs ini menempati urutan keenam situs terpopuler di internet.

Sementara itu, Stevie Benton dari Wikimedia UK yang merupakan perwakilan Wikipedia untuk Inggris mengatakan telah berusaha memperbaiki artikelnya lewat kerja sama dengan berbagai pihak termasuk Cancer Research UK misalnya. Begitu pun, pasien tetap disarankan untuk lebih mengutamakan pemeriksaan oleh dokter.


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Unggulan

Arsip Blog

Kategori

Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Video KIK

Loading...

Fanspage

Pengurus Kelompok Ilmiah Kimia Unnes 2017

Galeri Foto Kegiatan